KOPERASI 

Koperasi merupakan sebuah gerakan ekonomi kerakyatan yang tampak terdengar akrab ditelinga masyarakat. Koperasi telah menjadi program pemerinah melalui kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Koperasi sebagai unit usaha besama dirasakan tepat untuk meningkatkan produktifitas dan taraf hidup masyarakat , khususnya anggota koperasi.

Fungsi dan Peran Koperasi :

Koperasi diindonesia merupakan sebuah bentuk perjuangan rakyat dibidang ekonomi. Pada gerakan koperasi setiap anggota memiliki hak dan kedudukan yang sama, artinya, tidak ada perbedaan kedudukan antara penguasa dan bawahan.

Kegiatan kopersi di indonesia mengacu pada UUD 1945 pasal 33 yang menyatakan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas azas kekeluargaan. segala gerak koperasi harus berpodoman pada prinsip untuk mencapai kesejahtraan anggota dan masyarakat.

Menurut UU Nomor 25 tahun 1992, koperasi melandaskan kegiatan usahanya pada pancasila dan UUD 1945 (Hasil amandemen). Pengelolaan koperasi di indonesia dilakukan berdasarkan asas kekeluargaan, selain itu, dalam UU kekoperasian juga dijelaskan fungsi dan peran koperasi sebagai berikut:

  1. Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnyauntuk meningkakan kesejahtraan ekonomi dan sosialnya.
  2. Berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kwalitas kehidupan manusia dan masyarakat.
  3. Memperkukuh perekonomian rakyat sebagai dasa kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai saka gurunya.
  4. Mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional, yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

Dari uraian tersebut, funsi dan peran koperasi merupakan sesuatu yang vital bagi perekonomian nasional. koperasi memuat tujuan yang relevan dengan tuntutan dan peningkatan kwalitas hidup masyarakat, baik pendesaan maupun perkotaan. Pada sisi lain, koperasi juga diharapkan memberikan manfaat secara konkret kepada anggota dan masyarakat disekitar lingkungan karjanya. Apa sajakah manfaat koperasi yang bisa dirasakan oleh anggota dan masyarakat ???

(1)   Memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik.

Keberadaan koperasi harus memberikan kemudahan kepada anggota dalam menikmati berbagai fasilitas. artinya, fasilitas atau bagian usaha yang disediakan koperasi diharapkan dapat dinikmati oleh anggota secara mudah. misalnya, memberikan kredik dengan bunga ringan.

(2)   Sarana Mengembangkan Potensi dalam meningkatkan taraf hidup

Setiap anggota memiliki potensi yang tidak sama dan dapat dikembangkan melalui kegiatan koperasi. anggota yang memiii potensi ekonomi dapat disalurkan dengan berinvestasi di koperasi. sementara itu, anggota yang mahir berorganisasi dapat menyalurkan potensinya untuk mengelola koperasi dengan menjadi pengurus. Keterlibatan anggota dalam pengelolaan koperasi akan memperoleh balas jasa berupa pembagian sisa hasil usaha. (SHU). balas jasa ini akan digunakan oleh anggota untuk meningkatkan taraf hidup untuk menuju sejahtera.

(3)   Meningkatkan kwalitas Hidup

Kwalitas hidup berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan hidup anggota. dari manakah kita dapat melihat kwalitas hidup seseorang? Tingkat kwalitas hidup biasanya dapat dilihat dari kesejahtraannya. semakin tinggi tingkat kesejahtraannya, semakin besar pula kemampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidup. dengan demikian, koperasi yang mampu meningkatkan kesejahtraan anggota berarti dapat meningkatkan kwalitas hidup anggotanya.

(4)   Memperkukuh Perekonomin Rakyat.

Koperasi sebagai saka guru perekonomian berperan dalam membangun dan mengembangkan kekuatan ekomoni mesyarakat. Melalui kegiatan usaha koperasi, anggota dan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidup secara mudah. Dengan demikian, Koperasi akan membentuk suatu kondisi perekonomian yang kukuh dan kuat.